Kenali Ciri-ciri dan Gejala Awal Penyakit Diabetes

By | June 11, 2020
Flash Sale

Diabetes atau biasa kita kenal dengan sebutan kencing manis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Menurut data dari WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia, yaitu pada tahun 2016 penyakit diabetes menduduki peringkat ke 8 sebagai penyakit penyebab kematian. Setidaknya ada sekitar 3,7 juta kematian di seluruh dunia disebabkan oleh penyakit yang satu ini.

Diabetes mellitus ini mengacu pada sekelompok penyakit yang akan mempengaruhi bagaimana tubuh Anda dalam menggunakan gula darah (glukosa). Dimana glukosa sangat penting bagi kesehatan kita karena merupakan salah satu sumber energi yang penting bagi sel-sel yang membentuk otot serta jaringan Anda. Glukosa  juga merupakan sumber bahan bakar utama untuk otak Anda.

Penyebab yang mendasari diabetes bervariasi berdasarkan jenis. Tapi, apa pun jenis diabetes yang Anda miliki, itu dapat menyebabkan kelebihan gula dalam darah Anda. Terlalu banyak gula dalam darah Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Gejala
Gejala diabetes bervariasi tergantung pada seberapa banyak gula darah Anda meningkat. Beberapa orang, terutama mereka yang menderita prediabetes atau diabetes tipe 2, mungkin tidak mengalami gejala pada awalnya. Pada diabetes tipe 1, gejalanya cenderung datang dengan cepat dan lebih parah.

Berikut ini Beberapa tanda terkena diabetes :

  1. Rasa haus meningkat
    Biasanya gejala diabetes yang khas adalah anda gampang haus walaupun anda sudah cukup minum. Hal ini terjadi karena dalam tubuh Anda membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak untuk menggantikan air yang terbuang melalui urin.Jadi begini, ketika Anda terkena penyakit diabetes, glukosa akan banyak menumpuk di dalam darah Anda. Kadar gula yang tinggi ini akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih ekstra keras agar bisa menyaring dan menyerap kelebihan gula.
  2. Sering buang air kecilSelalu ingin buang air kecil bisa jadi salah satu ciri-ciri diabetes. Apalagi jika Anda sering terbangun di tengah malam hanya untuk buang air kecil saja.
    Idealnya, gula darah(glukosa)  akan disaring oleh ginjal dan diserap kembali ke dalam darah anda. Sayangnya, karena kadar glukosa orang dengan diabetes terlalu tinggi, maka ginjal tidak mampu menyerap semua kadar gula yang ada di dalam tubuh. Hal ini membuat ginjal anda bekerja keras untuk menyaring dan mengeluarkan kelebihan glukosa tersebut melalui urin.
  3. Rasa lapar yang luar biasaCepat lapar juga merupakan ciri-ciri diabetes lainnya yang perlu anda waspadai. Apalagi kalau Anda sering sekali merasa lapar padahal baru saja makan makanan yang berat-berat.Di dalam tubuh, makanan yang anda makan diubah menjadi gula darah (glukosa). Glukosa akan digunakan sebagai sumber energi untuk setiap sel, jaringan, dan seluruh organ tubuh Anda. Nah, hormon insulin bertanggung jawab untuk menjalankan proses ini.
  4. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskanSecara umum, berat badan Anda bisa ditentukan oleh beberapa faktor termasuk asupan kalori, umur dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Ketika anda sudah berada di usia dewasa, berat badan Anda relatif akan stabil dari tahun ke tahunnya. Walaupun begitu, penurunan atau penambahan beberapa kilogram masih bisa terjadi, dan itu merupakan hal yang normal saja.Tetapi, ketika tiba-tiba saja berat badan Anda menurun secara drastis, yakni sekitar lebih dari 5% dari total berat badan Anda, Anda mesti waspada. Pasalnya, ini bisa jadi salah satu tanda kalau Anda terkena diabetes. Penurunan berat badan secara drastis tanpa ada alasan yang jelas bisa jadi gejala diabetes.
  5. Kelelahan
    pada tahap Pengidap diabetes biasanya mengeluhkan badan mereka terasa lemas dan tidak bertenaga. Ada 2 alasan  yang bisa menyebabkan kondisi ini, yakni kadar glukosa yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  6. Penglihatan kabur
    Penglihatan memang akan terus mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya umur Anda. Namun, jika Anda sering mengeluhkan gangguan penglihatan seperti penglihatan karbur, buram, atau keruh sejak usia muda, Anda harus waspada. Pasalnya, gejala diabetes juga bisa menyebabkan kondisi tersebut.
  7. Luka lambat sembuh
    Infeksi, memar, bekas gigitan serangga, atau luka di kulit yang tidak kunjung sembuh bisa jadi merupaka salah satu gejala diabetes lo. Tingginya kadar glukosa bisa menyebabkan dinding pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras.
  8. Kesemutan
    Tiba-tiba sering kesemutan, kebas, atau muncul sensasi dingin yang serasa menggelitik pada tangan dan kaki Anda? Atau tangan & kaki anda mudah sekali bengkak? Bisa jadi itu merupakan salah satu gejala diabetes. Apalagi jika Anda terlalu sering mengalami kesemutan dalam waktu yang lama.
  9. Infeksi jamur atau bakteri
    Tubuh orang yang telah mengidap diabetes jadi jauh lebih rentan terkena berbagai jenis infeksi. Misalnya infeksi jamur atau bakteri. Hal ini bisa terjadi karena karena kadar gula darah yang relatif tinggi akan menghambat respon sistem imun untuk bisa melawan berbagai bakteri atau jamur penyebab berbagai penyakit.
Flash Sale