Pentingnya Vaksinasi Dewasa dan Tempat Vaksin Yogyakarta

By | October 2, 2020

Vaksin Dewasa di Yogyakarta (Vaksin Yogyakarta) – Seperti yang sudah kita ketahui imunisasi itu penting dan diwajibkan pemerintah pada anak-anak, namun tahukah kamu? imunisasi pada orang dewasa juga dianjurkan, tujuannya untuk mencegah penularan penyakit. Banyak orang tidak menyadari pentingnya vaksinasi.

Orang dewasa juga perlu di imunisasi walaupun imunisasi pada orang dewasa belum menjadi program wajib layaknya vaksin pada anak, Dengan vaksinasi, tubuh akan terlindungi sampai 80 persen. “Kendati masih mungkin menderita penyakit, namun perjalanan penyakitnya tak separah seperti orang yang belum divaksin,” kata Dr.Iris Rengganis, Sp.PD anggota Satgas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia.

Secara umum, ada empat jenis vaksin yang sebaiknya dilakukan orang dewasa (berusia di atas 18 tahun). 

  1. Vaksin Hepatitis A
    Hepatitis A disebabkan oleh virus yang menyerang hati dan ditularkan melalui kontak oral dan lingkungan yang tidak bersih. Vaksin Hepatitis A akan membantu tubuh menghasilkan antibodi untuk bertahan dari serangan penyakit ini.
    Penyuntikan dilakukan 2 kali dengan jarak 6 bulan dan daya tahan vaksin di dalam tubuh selama sekitar 20 tahun. “Bagi yang bekerja di industri makanan disarankan menggunakan sarung tangan khusus, supaya tidak menularkan atau menyebarkan hepatitis A pada konsumen,” kata Iris.
  2. Vaksin Hepatitis B
    Penyakit ini hampir sama dengan hepatitis A. Namun penyakit ini menular lewat transfusi darah, hubungan seksual, dan penggunaan barang pribadi bersama. Penyakit ini juga bisa menular dari ibu hamil ke janin. Pada janin lahir dari ibu dengan hepatitis B, akan disuntik dengan vaksin sehingga antibodi di dalam tubuh bisa terbentuk.  Vaksin ini diberikan tiga kali pada jarak 1 sampai 6 bulan.
    “Walaupun sudah pernah disuntik saat kecil tidak ada salahnya mengulang, karena daya tahan vaksin berkisar 20 tahun,” kata Iris.
  3. Vaksin Pneumonia
    Penyakit pneumonia atau radang paru disebabkan bakteri Streptococcus pneumoniae yang bercokol di hidung dan tenggorokan. Penyakit ini menyerang saluran nafas bawah dan menular lewat batuk, bersin, dan ketika bicara. Serangan pneumonia lebih rentan pada orang berusia lebih dari 60 tahun atau orang dengan daya tahan tubuh yang rendah.
    Tersedia beberapa jenis vaksin dengan serotipe bakteri berbeda. Menurut Iris keduanya sama baiknya. Pemberian vaksin harus diulang setiap 5 tahun.
  1. Vaksin Influenza
    Influenza menjadi 94 persen penyebab kematian usia di atas 45 tahun. Gejala awal penyakit ini didominasi batuk, demam, dan nyeri otot. “Jangan anggap remeh penyakit ini. Kita sudah lihat bagaimana keganasannya di China,” kata Iris.
    Vaksin ini diberikan sekali dalam satu tahun. Karena strain penyebab penyakit selalu berbeda, maka vaksin yang diberikan setiap tahunnya berbeda sesuai dengan petunjuk WHO mengenai strain yang paling banyak menginfeksi.

Beberapa jenis vaksin lain yang juga bisa diambil adalah vaksin HPV untuk mencegah penyakit kanker serviks. Vaksin ini disarankan untuk remaja perempuan yang belum menikah. Selain itu tersedia juga vaksin meningitis, tifoid, tetanus, dan masih banyak lagi.

Tempat Vaksinasi Dewasa di Yogyakarta / Vaksin Yogyakarta


Untuk mencari tempat vaksinasi di Yogyakarta / vaksin Yogyakarta, kamu bisa mengunjungi halodoc.com. Sampai saat ini saya lihat melalui situs halodoc.com sudah terdapat 3 layanan vaksinasi dewasa, yaitu :

  1. Vaksin Dewasa Meningitis Shot (Menactra 0.5) (Hanya Untuk Wanita)
  2. Vaksin Dewasa Flu Shot (Influenza HA) (Hanya Untuk Wanita)
  3. Vaksin Dewasa Pneumokokus (Prevenar [PCV 13]) (Hanya Untuk Wanita) 

Vaksinasi ini bertempat di ZAP Premiere Yogyakarta No.10, yang beralamat di Jl. Hadidarsono, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Jogja.

Demikian artikel pentingya vaksinasi untuk dewasa dan tempat vaksinasi dewasa di yogyakarta. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.