Relay memiliki peran yang tergolong penting untuk. Namun tidak semua orang tahu fungsi relay pada mobil. Nah, bagi yang ingin tahu apa saja fungsinya, berikut ini kami sudah merangkum poin-poinnya berikut ini:

  1. Berfungsi Sebagai Saklar

Relay mobil merupakan salah satu sistem kelistrikan yang berfungsi sebagai switch atau saklar yang memiliki kinerja yang sangat penting sekali dalam kendaraan. Saklar ini berfungsi dengan dikendalikan oleh magnet listrik.

  1. Memperbanyak Usia Saklar Itu Sendiri

Relay sendiri merupakan salah satu elemen penting yang mampu meminimalisir bunga api yang sering terjadi di dalam saklar. Kondisi yang dinamakan bunga api tersebut dapat membantu memudahkan kerusakan lampu saklar dan juga mengurangi usia pemakaiannya.

  1. Berfungsi Untuk Melindungi Saklar Kombinasi

Relay sendiri merupakan salah satu elemen penting yang ada di dalam mobil untuk melindungi saklar kombinasi. Jika relay bermasalah, maka akan menyebabkan saklar lampu tersebut meleleh.

Relay akan membantu untuk melindungi saklar kombinasi atau switch dari suhu panas yang dihasilkan oleh mobil. Di lain sisi, relay juga berfungsi untuk membuat kerja saklar menjadi lebih mudah karena arus listrik tersebut tidak akan menjadi berputar.

  1. Mengoptimalkan Nyala Lampu dan Bunyi Klakson

Perlu Anda ketahui, relay juga ternyata dapat mengoptimalkan nyala lampu menjadi lebih terang. Selain itu, juga dapat mengoptimalkan bunyi klakson agar menjadi lebih nyaring suaranya. Karena seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, relay membuat sistem kelistrikan menjadi lebih stabil.

  1. Berfungsi Sebagai Saklar Sebagai Kunci Pengaman

Anda juga bisa menambahkan relay pada kunci pengaman untuk mengoptimalkan fungsi keamanannya agar berfungsi dengan baik. Fungsi kerjanya sendiri yaitu bagus untuk memutus dan juga menghubungkan saklar dengan arus listrik.

Kesimpulan

Relay merupakan sebuah komponen yang sangat penting di dalam kelistrikan kendaraan atau mobil. Fungsinya sangat besar sekali dan juga cukup kompleks untuk mengoptimalkan kendaraan Anda.

Nah, itulah berbagai fungsi relay pada mobil yang jarang diketahui. Fungsi utamanya yaitu untuk kelistrikan. Namun, fungsinya sendiri tergolong begitu luas hingga ke berbagai aspek mulai dari permesinan, klakson, hingga pencahayaan. 

https://www.thegaptek.com/wp-content/uploads/2021/09/relay-mobil.pnghttps://www.thegaptek.com/wp-content/uploads/2021/09/relay-mobil-150x150.pngASCOtomotifmobil,relayRelay memiliki peran yang tergolong penting untuk. Namun tidak semua orang tahu fungsi relay pada mobil. Nah, bagi yang ingin tahu apa saja fungsinya, berikut ini kami sudah merangkum poin-poinnya berikut ini: Berfungsi Sebagai Saklar Relay mobil merupakan salah satu sistem kelistrikan yang berfungsi sebagai switch atau saklar yang memiliki...Information of Technologi, Computers, Internet, Gadget, Network