Pertanian Tonggak Utama Pembangunan

By | October 26, 2016
Flash Sale

usaha-pertanian

Terletak di garis khatulistiwa membuat Indonesia menjadi Negara tropis yang mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Selain itu, di Indonesia juga banyak terdapat banyak gunung berapi yang membuat tanahnya subur. Dan tanah-tanah yang subur di Indonesia merupakan modal utama dalam bidang pertanian, ditambah lagi dengan cukupnya sinar matahari tiap tahunnya. Hampir semua tanaman bisa tumbuh berkembang dengan baik di Indonesia. Bahkan Indonesia pernah menjadi Negara pengekspor beras terbesar di dunia dan sukses mencapai swasembada pangan pada tahun 1980-an. Sungguh suatu prestasi yang membanggakan pada masa pemeritahan saat itu. Namun sayang, saat ini Indonesia kembali mengalami kemunduran, karena kembali menjadi salah satu negara pengimpor beras terbesar di dunia. Padahal masih banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk sektor pertanian. Tidak meratanya pembangunan serta tidak meratanya penduduk, serta kurangnya perhatian Pemerintah membuat sektor pertanian kurang dilirik dan diminati penduduk Indonesia saat ini.

Hal ini sangat disayangkan, karena sektor pertanian memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di negara ini. Bahkan bisa dibilang, sektor pertanian merupakan tonggak utama dalam pembangunan bangsa ini. Bayangkan saja, bagaimana nasib bangsa ini bila makanan pokok penduduk saja masih sangat bergantung pada negara lain. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat bangsa ini untuk bercermin ke masa lalu tentang bagaimana dulu hebatnya nenek moyang kita dalam bidang pertanian. Karena ketersedian pangan di negara ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga merupakan tanguung jawab kita bersama. Penggarapan lahan pertanian secara besar-besaran juga akan membuka banyak lowongan pekerjaan, hingga dapat mengentaskan kemiskinan, memperbaiki pendapatan masyarakat, membuat ketersediaan pangan tercukupi, dan menambah devisa bangsa. Namun pemerintah juga dituntut campur tangannya dalam hal ini, pemerintah dapat membantu para petani dengan seringnya memberikan penyuluhan tentang pertanian modern saat ini, pemberian pupuk dan bibit bersubsidi serta modernisasi alat-alat pertanian. Sebab para petani juga perhatian lebih dari pemerintah agar bisa mengembangkan usaha pertanian mereka. Melalui BKPM usaha pertanian, pemerintah memberikan peluang bagi para petani untuk mengembangkan lahan pertaniannya. Selain itu, realisasi investasi di sektor pertanian pun mengalami tren yang positif. Dengan banyak investor yang menanamkan modalnya di sektor pertanian dan seriusnya pemerintah mengelola kebijakan-kebijakan untuk mengembangkan sektor pertanian, bukan tidak mungkin Indonesia kembali swasembada pangan dan menjadi negara pengekspor pangan terbesar di dunia.

Oleh sebab itu, kita harus bahu membahu membangun kembali sektor pertanian di Indonesia. Agar kebutuhan masyarakat akan pangan bisa tercukupi tanpa harus mengimpor dari negara lain. Dengan begitu diharapkan tidak ada lagi masyarakat di negara ini yang mengalami kelaparan ataupun busung lapar.

Flash Sale