Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

By | December 20, 2019
Flash Sale

Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan beberapa asupan gizi untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Salah satu kebutuhan nutrisi tersebut adalah kalsium. Pada dasarnya kebutuhan kalsium ibu hamil berbeda-beda, tergantung dari usia ibu hamil dan usia janin dalam kandungan.

Semakin tinggi usia keduanya, maka semakin tinggi kebutuhannya. Adapun cara memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan mengkonsumsi beberapa bahan pangan yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Apa sajakah itu?

  • Susu

Selama masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk meminum susu khusus ibu hamil sesuai dengan usia kandungan. Ada beberapa jenis susu yang memiliki kandungan kalsium tinggi, diantaranya berasal dari kacang almond dan kacang kedelai. Usahakan untuk mengkonsumsi susu tanpa menggunakan tambahan gula.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli hingga sawi hijau sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil. Disarankan untuk mengkonsumsinya dengan cara mengukus ataupun merebusnya. Apabila pada saat hamil mengalami terluka bakar atau terkena pisau, bisa menggunakan obat salep pada link https://www.goapotik.com/produk/hemolok-1-gel-tube-15-gram.

  • Keju

Bagi ibu hamil yang menyukai makanan yang gurih, bisa dengan mengkonsumsi keju. Sebaiknya mengkonsumsi keju yang aman seperti keju cheddar hingga keju swiss. Hindari mengkonsumsi keju mentah seperti blue cheese, feta, brie dan sejenisnya. Keju tersebut bisa diolah atau dimakan bersama dengan bahan pangan lain seperti untuk taburan kentang panggan dan sebagainya.

  • Yoghurt

Mengkonsumsi 1 cangkir berukuran sedang jenis yoghurt tawar dapat memenuhi kalsium ibu hamil hingga 300 mg. Jumlah tersebut bisa dibilang 1/3 dari kebutuhan minimal sehari-hari ibu hamil.  Anda juga bisa mencampurkannya dengan beberapa buah-buahan dan ditaburi sedikit keju untuk dibuat salad buah.

  • Tempe dan Tahu

Ibu hamil perlu memperhatikan pentingnya asupan kalsium selama kehamilan karena nantinya akan berpengaruh pada kondisi janin dalam kandungan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, Anda bisa mengkonsumsi bahan pangan seperti tahu dan tempe.

Dua bahan pangan ini cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar dengan harga yang terjangkau. Kandungan kalsium yang terdapat pada kedua bahan pangan tersebut lumayan tinggi, yaitu berkisar 400 mg. Cara mengolahnya juga tidaklah sulit dan justru dapat dibuat menjadi berbagai macam menu.

Flash Sale