Mengetahui Berapa daya / watt / besar beban listrik yang dikeluarkan oleh sebuah komputer?

besar-beban-listrik-komputer

Melalui tabel di bawah ini, mungkin sobat bisa Mengetahui Berapa daya / watt / besar beban listrik yang dikeluarkan oleh sebuah komputer dan laptop?.

Komputer
Komputer Desktop 60-250 watts
Screen Saver 60-250 watts (tidak ada perbedaan)
Mode sleep/ Stand By 1-6 watts
Laptop/ Notebook 15-45 watts

—————————————–

Monitors
17″ CRT 80 watts
17″ LCD 35 watts
Mode Screen Saver tidak ada perbedaan
Mode Sleep (dark screen) 0-15 watts
Monitor dimatikan 0-10 watts

Ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan yaitu

  1. Pada saat sobat menyeting komputer mode Screen Saver, sobat tidak melakukan penghematan sama sekali atau sama saja dengan saat anda menggunakannya untuk bekerja.
  2. Cara terbaik untuk menghemat listrik untuk monitor/ LCD adalah dengan menyetingkan ke mode SLEEP. Untuk membuat monitor sobat ke dalam mode Sleep, klik Menu Start => Control Panel => Power Options => kemudian tentukan lama waktu untuk mematikan monitor pada saat komputer tidak digunakan pada bagian “Turn Off Monitor”.
  3. Adalah sebuah mitos belaka bahwa daya listrik yang digunakan jauh lebih kecil bila kita membiarkan komputer tetap menyala dibandingkan menyalakannya kembali. Yang terbaik adalah dengan mematikan komputer sobat pada saat tidak digunakan untuk waktu yang lama atau set komputer anda ke dalam mode SLEEP atau STAND BY saja.
  4. Adalah tidak benar bahwa komputer akan cepat rusak bila sering-sering dimatikan dan dinyalakan beberapa kali dalam sehari. Jadi matikan saja komputer sobat bila memang sedang tidak digunakan.
  5. Apabila memungkinkan sebaiknya ganti monitor CRT (tabung) anda dengan LCD karena dengan ini, penghematan daya listrik dapat dilakukan secara signifikan.
  6. Gunakan extension cable yang mempunyai tombol On/Off untuk mematikan seluruh peralatan komputer secara penuh atau sobat juga bisa mencabutnya dari colokan tetapi cara ini (mungkin) cukup merepotkan kita.

reff: 1 & 2